Disable Preloader

Baca Berita

23 Juni 2022

Sosialisasi Nasional dan Pembekalan Garda Depan Pelaksana Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Direktorat PKP TA. 2022

Rangkaian kegiatan dalam rangka pelaksanaan kegiatan Infrastruktur Pengembangan Kawasan Permukiman (IBM) Direktorat PKP baik PISEW maupun KOTAKU mulai diselenggarakan satu persatu. Persiapan di tingkat pusat mulai dari persiapan pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan, instrumen pengawasan dan pengendalian, penetapan lokasi kegiatan IBM  serta proses revisi DIPA telah selesai, dan secara paralel juga dilakuaan persiapan  di tingkat Provinsi dalam hal ini BPPW maupun tingkat masyarakat. Satu kegiatan yang tidak kalah pentingnya adalah diselenggarakannya sosialisasi nasional dan workshop penguatan kapasitas bagi pelaksana kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman. Kegiatan yang diselenggarakan di di Hotel Atria Gading Serpong, Tangerang, Banten selama 5 hari penuh dari tanggal tanggal 15-19 Juni 2022 mengundang Para PPK PKP, Tenaga Ahli Provinsi (TAPr), dan staf teknis BPPW yang menangani kegiatan IBM dari 24 Provinsi penyelenggara Infrastruktur Pengembangan Kawasan Permukiman (IBM) Direktorat PKP (PISEW dan KOTAKU) TA. 2022.  

Kegiatan sosialisasi nasional dan workshop penguatan kapasitas ini dibuka oleh Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman, Wahyu J. Kusumosusanto. Dalam arahan pembukaannya, Beliau menekankan untuk 2 hal penting yang harus diperhatikan yaitu terkait pelaksanaan kegiatan PISEW maupun KOTAKU serta pelaksanaan audit kinerja BPKP. Beliau meminta para pelaksana kegiatan untuk mempelajari dan memahami substansi Pedoman dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman karena terdapat beberapa perubahan terkait Besaran dan Rincian Pemanfaatan Dana Bantuan Pemerintah bagi Masyarakat (BPM), serta Struktur Organisasi Pelaksana Kegiatan. Terkait pelaksanaan kegiatan di lapangan, Bapak Direktur meminta agar BPPW dapat menyesuaikan target waktu terhadap tahapan pelaksanaan kegiatan dalam jadwal nasional pasca Revisi DIPA dan memperhatikan deadline waktu masing-masing tahapan pelaksanaan kegiatan tersebut. Terkait pelaksanaan kegiatan di lapangan, Tim Pengawasan dan Pengendalian Pusat Kegiatan IBM Direktorat PKP telah menyiapkan instrumen pengendalian dan pelaporan pelaksanaan kegiatan PISEW dan KOTAKU dan instrumen tersebut sudah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh BPPW. Bapak Direktur menambahkan bahwa sangat penting bagi PPK PKP untuk memastikan semua laporan pelaksanaan kegiatan terdokumentasi dengan baik, benar dan tersedia lengkap, serta kelengkapan data/dokumen ter-upload ke dalam instrumen pengendalian dan pelaporan yaitu SIM dan SILK A IBM PKP.

Hal lainnya terkait pelaksanaan audit kinerja BPKP,  Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman mengingatkan kepada PPK PKP bahwa salah satu indikator/parameter dengan bobot penilaian yang besar dalam pelaksanaan audit adalah kemampuan untuk menindaklanjuti dan menyelesaikan Saldo Temuan Hasil Audit BPKP dan meminta agar segera berkoordinasi dengan Kepala Bagian Tata Usaha BPPW dan menyusun Penyelesaian Saldo Temuan Hasil Audit BPKP serta menyelesaikan saldo temuan audit secara bertahap. Mengingat kegiatan di lapangan untuk kegiatan PISEW dan KOTAKU sudah mulai dilaksanakan dan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Audit Kinerja BPKP, Ia meminta untuk melakukan pengaturan jadwal di lapangan agar tidak terjadi bentrok dan kedua kegiatan tersebut menjadi terhambat. Adapun pelaksanaan audit Tahun 2022 akan dilaksanakan di lokasi kegiatan PISEW yang telah dilakukan pada tahun anggaran 2021 dengan target audit adalah pelaksana kegiatan yang terlibat langsung pada Kegiatan PISEW, mulai dari PPK PKP, TAPr, Asisten bidang Teknis dan Administrasi, FM serta BKAD.

Setelah proses pembukaan, proses alih pengetahuan dan keahlian serta berbagi informasi dilanjutkan dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten dengan materi-materi yang dapat menjadi “bekal awal” yang cukup bagi pelaksana kegiatan di lapangan. Adapun narasumber yang hadir diantaranya adalah Direktur Kepatuhan Intern, Bapak V. Untoro Kurniawan, ST., MM., MT. dan Kepala Bagian Keuangan, Pengelolaan BMN dan Barang Persediaan Bencana, Ibu Mita Dwi Aprini, S.Sos., M.Si, serta Tim Pengawasan dan Pengendalian Pusat dan Konsultan Teknis Pengendalian (KTP) Kegiatan IBM Direktorat PKP. Materi-materi pembekalan yang diberikan diantaranya terkait pelaksanaan pengendalian kepatuhan intern dan manajemen risiko dalam kegiatan IBM serta   pelaksanaan kegiatan, peran serta sekretariat jenderal cipta karya dalam mengawal tindak lanjut penyelesaian hasil temuan di lingkungan Ditjen Cipta Karya, serta materi-materi teknis lainnya terkait proses pelaksanaan kegiatan dan intrumen pengawasan dan pengendalian serta penyusunan modul pelatihan.

Diadakan pelaksanaan Pre-Test dan Post-Test bagi peserta sosialisasi dan workshop untuk mengukur kemampuan awal peserta sebelum mengikuti kegiatan. Berdasarkan hasil pelaksanaan Pre-Test dan Post-Test didapatkan hasil masing-masing 3 peserta terbaik untuk kegiatan PISEW dan KOTAKU. (Valentina) 

Gambar Terkait